Tips Jika Ingin Membeli Smartphone Bekas/Baru Asal Batam

Tips Jika Ingin Membeli Smartphone Bekas/Baru Asal Batam

Batam menjadi kota yang sangat terkenal akan penjualan barang elektroniknya. Biasanya barang yang dijual di Batam memiliki selisih harga yang cukup menggiurkan. Tetapi dibalik harga yang ditawarkan, biasanya ada hal tersembunyi yang dapat merugikan pihak konsumen.

Hasil gambar untuk seller batam smartphone

Selain menjual barang rekondisi, Batam juga sangat terkenal akan penipuannya. Biasanya penipu menawarkan produk dengan harga yang terlampau murah bahkan bisa dikatakan tidak masuk akal. Nah jika kalian ingin membeli produk dari Batam, simak tips berikut ini agar tidak tertipu.

5 Tips Aman Beli Smartphone Black Market dari Batam

Pertama, hindari membeli barang dari toko yang mematok harga yang tidak wajar. Misalnya saja kalian ingin membeli iPhone X 64GB. Jika kita meninjau harga pasar dari smartphone tersebut, mungkin harga asli yang dibanderol masih ada di angka 15 hingga 16 juta, biasanya seller penipu akan memberikan harga yang diluar nalar misalnya 10 juta dengan iming-iming free 1 smartphone dengan harga 1 jutaan. Tidak logis bukan?

hindari-penipuan-smartphone-black-market-batam-1

Kedua, jika membeli via offline atau langsung datang ketoko, cek semua fungsi smartphone. Biasanya fungsi yang harus kalian periksa adalah kamera, suara, speaker, touchscreen, baterai, layar hingga fisik. Jangan sampai tergiur dengan harga murah lalu membeli tanpa berpikir panjang. Bisa-bisa kalian akan menghabiskan uang lebih banyak untuk servis sparepart yang rusak.

hindari-penipuan-smartphone-black-market-batam-3

Jika membeli via online, pastikan reputasi penjual. Bahkan reputasi penjual yang sudah ternama seperti BBENK saja sering melakukan kesalahan yang fatal yang berujung pada kerugian. Biasanya pihak pembeli-lah yang paling dirugikan. Selain itu, jangan kaget jika ada potongan 200.000 jika ingin melakukan retur. Aturan ini memang bukan aturan yang tertulis, tapi percayalah, hal ini akan kalian temui jika melakukan retur saat membeli online. Miris bukan ?

.hindari-penipuan-smartphone-black-market-batam-5

Yang terakhir, jangan pernah menggunakan aksesoris yang diberikan oleh penjual, mengapa ? Karena aksesoris yang diberikan biasanya palsu sehingga beresiko merusak smartphone kalian. Jika memang ingin aman, biasakan membeli aksesoris asli agar umur smartphone dapat tetap terjaga.