Suatu Kesalahan Ataupun Cedera Dapat Membutakan 1000 Kebaikan Yang Telah Diperbuat

Belajar Untuk Tidak Bergantung Pada Orang Lain Dan Andalkan Dirimu Sendiri

Kita harus ingat bahwa bukan berarti kita harus membebani mereka dengan ekspektasi tinggi dimana mereka bisa menjaga kita, mereka memiliki power lebih untuk diandalkan dan dipercayai. Karena semua akan balik lagi pada diri kita masing-masing. Saranku lebih baik untuk tidak terlalu bergantung pada orang lain. Karena pada akhirnya kalian akan menjalani hidup kalian masing-masing. Meminta perlindungan dan arahan boleh, tapi bukan berarti terus bergantung sehingga kita tidak bisa melakukan segala sesuatu sendiri. 

Belajar Untuk Tidak Bergantung Pada Orang Lain Dan Andalkan Dirimu Sendiri

Kita sering kali di manjakan dengan berbagai hal. Dimanjakan dengan berbagai hal. Sehingga kita seringkali lupa diri dan menjadi tidak tahu diri. Hal ini seringkali terjadi. Saat ada orang lain yang sangat hebat, yang memiliki banyak sekali kemampuan dan memiliki pengaruh yang besar. Dia biasanya mencuri perhatian banyak orang. Dan orang seperti ini sering dijadikan sebagai role model bagi beberapa orang. Orang seperti ini dijadikan panutan oleh beberapa orang. Dan wajar jika dia akan banyak dikenal oleh orang dan diandalkan oleh banyak orang. 

Tapi kita perlu ketahui bahwa tidak hanya sesederhana itu. Jika kita ingin menjadikan dia sebagai role model untuk kita. Menjadi panutan kita, sehingga itu menjadi motivasi tersendiri bagi seseorang. Sehingga mereka memiliki keinginan untuk bisa menjadi seperti itu. Ingin menjadi lebih baik. Itu bagus. Karena itu bisa memotivasi kita untuk bisa menjadi produktif dan kreatif. Bagus untuk kita. Tapi bukan berarti membuat kita bergantung pada orang tersebut.

Jangan sampai semua kita percayakan padanya. Sehingga kita memberikan ekspektasi yang sangat tinggi. Ini hanya akan menghancurkan dirimu. Ini bisa menjadi sebuah bom waktu dimana, sewaktu-waktu bisa meledak dan itu tidak hanya menghancurkanmu tapi juga akan berdampak pada orang sekitarmu. Apakah kalian berpikir sampai disitu? Jadi cobalah untuk mengandalkan diri kalian sendiri. Percaya pada kemampuan diri kalian. Percaya pada kualitas diri kalian. Dan orang lain, jadikan itu pembelajaran.