Hal Ini Bisa Kita Lakukan Untuk Membuat Orang Merasa Lebih Baik

Hal Ini Bisa Kita Lakukan Untuk Membuat Orang Merasa Lebih Baik

Semua orang pernah mengalami duka, dan itu rasanya tidaklah enak. Semua orang pernah ditinggalkan oleh orang yang kita cintai. Dan rasanya sangat hancur. Sangat sedih. Dan itu adalah masa-masa yang sangat berat bagi seseorang. Itu bisa menjadi masa-masa yang sulit bagi seseorang. Karena harus menghadapi semua itu. Karena harus beradaptasi dengan keadaan. Dimana banyak kegiatan yang dilakukan dengan orang yang kita cintai, dan tiba-tiba kita harus melakukannya sendiri. Kita harus melakukannya tanpa dia lagi. 

Hal Ini Bisa Kita Lakukan Untuk Membuat Orang Merasa Lebih Baik

Itu bukanlah hal yang mudah. Itu bukan hal yang gampang. Untuk menerima kenyataan saja bahwa dia telah pergi dipanggil yang Maha Kuasa saja itu sudah sangat sulit. Apalagi harus beradaptasi dengan keadaan. Harus mencoba menyesuaikan dan membiasakan diri dengan beberapa perubahan. Harus mencoba dengan kegiatan yang baru, mencoba membiasakan dengan kebiasaan yang baru. Itu tidaklah mudah. Dan tidak pernah mudah. Orang membutuhkan waktu dan proses untuk melakukan itu semua. Jadi kita tidak bisa menuntut banyak hal pada orang tersebut. Jadi saat ada orang di sekitar kita sedang mengalami hal tersebut. Sedang dalam masa kehilangan. 

Ada baiknya kita bisa mengerti, kita bisa memiliki kepekaan akan hal tersebut, sehingga kita bisa mengerti kondisi orang itu. Kita bisa tahu apa yang sebaiknya kita lakukan. Sikap seperti apa yang sebaiknya kita lakukan. Respon seperti apa yang sebaiknya kita berikan. Jadi kita bisa menjadi lebih dewasa untuk memperlakukan orang yang sedang dalam masa duka tersebut. Jika kita tidak bisa memberikan penghiburan, kita tidak bisa membuatnya tersenyum setidaknya kita tidak menambah kesedihannya. 

Kalau kita masih memiliki rasa kemanusiaan, kalau kita masih memiliki hati nurani pasti kita bisa berpikir seperti itu, kita bisa berpikir sampai kesitu. Jadi cobalah untuk menjadi orang yang lebih peka dan lebih perhatian. Jadi orang yang lebih berkeprimanusiaan. Karena itu sangat dibutuhkan di tengah dunia yang begitu keras seperti ini. Jika orang lain tidak bisa mengerti, setidaknya kita jangan ikut seperti mereka.