Angka Ataupun Hasil Tes Merupakan Ritual Keahlian Itu Yang Sangat Penting

Belajar Mengkomunikasikan Dan Mengutarakan Pemikiran Kalian

Sering sekali orang-orang berpikir dengan memberikan kode, maka orang lain bisa mengerti. Banyak orang berekspektasi tinggi dengan berharap orang lain akan mengerti. Orang lain bisa memahami apa yang kita rasakan. Orang lain bisa mengerti maksud kita hanya dengan beberapa kode yang kita berikan. Dan saat mereka tidak mendapatkan apa yang mereka harapkan. Ekspektasi mereka tidak tersampaikan. Maka akan ada perasaan sedih, kecewa dan kesal. Yang sebenarnya tidak perlu mereka rasakan. 

Belajar Mengkomunikasikan Dan Mengutarakan Pemikiran Kalian

Tapi mereka sendirilah yang menciptakan perasaan tersebut, sehingga seakan mereka adalah korban. Sehingga membuat mereka menjadi tidak tenang sendiri. Merasa kesal kepada orang-orang. Menjadi lebih sulit mempercayai orang lain. Merasa lebih sulit untuk bisa peduli sama orang lain. Merasa semua orang itu sama. Tidak ada yang bisa diharapkan. Tidak ada yang bisa sefrekuensi dengan kita. Mereka tidak dewasa dan tidak memiliki empati atau simpati. Padahal salahnya bukan di mereka. 

Tapi di diri kita sendiri. Tapi kita tidak terima, kita tidak mau mengakuinya. Sehingga jadinya kita menjadikan orang lain itu sebagai kambing hitam, dan membuat kalian merasa lega. Dan cara berpikir seperti itu tidak bisa membuat anda lebih baik atau lebih berkembang. Itu hanya akan membuat kalian stuck di satu keadaan. Dan membuat kalian tidak bisa menjadi seseorang yang baik. Malah kalian akan terlihat konyol dan kekanak-kanakan. Karena tidak bisa menerima kenyataan, tidak bisa mengakui kesalahan. 

Dan itu kembali lagi pada cara kita mengkomunikasikan dan mengutarakan perasaan kita. Kita harus memperbaiki itu. Sehingga kalian akan terhindar dari perasaan-perasaan sedih, kecewa dan marah yang sebenarnya tidak perlu kalian rasakan. Belajar untuk selalu mengkomunikasikan dengan jelas dan detail apa mau kalian, apa harapan kalian pada orang lain. Jangan hanya diam dan berharap orang bisa tahu tanpa kalian menyampaikannya secara benar dan tepat. Dan belajar untuk menerima dan mengakui kalau kita salah. Itu akan membuat kita menjadi lebih dewasa dalam bertindak dan bersikap.