Pengertian Dewasa Yang Banyak Orang Keliru Dan Gagal Paham

Pengertian Dewasa Yang Banyak Orang Keliru Dan Gagal Paham

Disini saya akan memperjelas apa sih artinya dewasa. Apa sih itu makna dewasa sendiri. Karena banyak orang yang gagal paham akan makna dari dewasa. Banyak orang yang salah mengartikan kata dewasa. Sehingga orang banyak tersesat dengan kata dewasa sendiri. Dewasa itu tidak sesimpel soal kalian bisa menafkahi diri kalian, bisa bekerja dan memenuhi kebutuhan sendiri. Banyak orang menyimpulkan bahwa saat dia sudah bisa memenuhi kebutuhannya sendiri itu sudah bisa dikatakan dia dewasa.

Pengertian Dewasa Yang Banyak Orang Keliru Dan Gagal Paham

Tappi dewasa tidak sesederhana itu, tidak sesimpel itu arti dari kata dewasa. Karena dewasa bukan hanya sekedar memenuhi kewajiban kita manusia. Jika kita sudah bisa dan mampu memenuhi kebutuhan kita, itu namanya mapan, dan mapan itu belum bisa dikatakan dewasa. Karena itu berbeda artinya. Tidak semua orang yang sudah mapan, bisa dewasa, begitupun sebaliknya. Tidak semua orang dewasa itu sudah mapan. Karena mapan itu mencakup finansial. Dan orang yang ahli di bidang finansial, itu tidak selalu dewasa. 

Dewasa itu adalah saat orang sudah bisa mengetahui jati dirinya. Tahu kebutuhan dirinya, tahu dan kenal akan dirinya. Kurang dan lebih dirinya, dan tahu tujuan hidupnya. Memiliki goals. Dewasa itu juga dia tahu membedakan mana yang baik dan buruk. Dia tahu mengontrol dirinya, emosinya. Dia yang bisa memenuhi kewajibannya tanpa harus diingatkan atau disuruh. Memiliki inisiatif dan bijaksana. Tidak mudah terpengaruh akan orang lain. Memiliki pendirian yang kuat, tidak plin plan. Dan dia yang tegas akan dirinya. 

Tegas dalam artian, dia tahu kapan harus serius, kapan harus bercanda. Dan yang pastinya dia bertanggung jawab. Tidak hanya dengan pekerjaannya, tapi juga dengan ucapannya dan tindakannya. Dia tidak akan melemparkan masalahnya ke orang lain. Atau lari dari masalah. Dia akan menghadapi masalahnya sendiri. Dan berani mengakui kesalahan, berani mengakui kekurangan. Dan tidak malu dan segan untuk meminta maaf jika tahu dia salah. Dan dia tahu bagaimana cara yang bersikap dan bertutur kata yang sopan dan baik.